Rabu, 06 Januari 2010

Kelebihan dan Kekurangan pada Friendster dan Facebook

Friendster lahir pada tahun 2002. Pembuatnya adalah Jonathan Abrams. Pada awalnya sebernernya friendster bernama nepster,tapi lalu diganti menjadi friendster.
Kelebihan friendster yaitu:

1. Digunakan untuk mencari teman,baik teman sekolah,kuliah,teman masa lalu,sekarang,temannya teman kita,bahkan ada yang mencari jodoh disini.

2. Dapat men'share foto kita,mempublikasikan profil kita ke orang lain,dan sebaliknya.

3. Dengan menu search pengguna dapat mencari anggota Friendster lain, baik menurut nama, alamat, atau bahkan menurut sekolah, organisasi,perusahaan atau afiliasinya dari seluruh dunia (dengan catatan si pengguna sudah terdaftar terlebih dahulu).

4. Dapat berkirim testimonial dapat berupa komentar, ucapan selamat ulang tahun, dan bahkan sebuah gambar.

5. Dapat berkirim message seperti message dalam email.

kekurangan friendster yaitu:

1. fitur yang sangat terbatas,yang hanya itu2 saja,baik dalam mencari teman,game,dan kebanyakan hanya terfokus pada post bulletin.

2. Banyak account palsu yang dibuat mulai untuk menghack,iklan dan spam.

3. Sudah terlalu sering dibobol hacker.



Facebook, hampir sama dengan friendster yang merupakan jejaring sosial untuk mencari teman, berkirim pesan, menyimpan foto, dan sebagainya. Facebook merupakan sebuah website yang berbasis jaringan sosial, yang dibentuk oleh Mark Elliot Zuckenberg (14 Mei 1984), pada tanggal 4 Februari 2004.

facebook memiliki library API (application programming interface) sehingga memungkinkan para developer untuk membuat aplikasi mini atau widget yang nantinya bisa dipasang atau digunakan di Facebook itu sendiri. Berbeda dengan friendster yang membutuhkan waktu yang amat lama untuk mengeluarkan suatu fitur baru, library API ini memungkinkan para developer untuk berkreasi sehingga secara tidak langsung membuat Facebook makin populer.

kelebihan facebook:

1. Selling, Facebook memiliki fitur yang memungkinkan kita menawarkan barang atau jasa ke pengguna lainnya. Berbeda dengan Friendster yang cuma menyediakan buletin.
2. Event, kita bisa mengisi event atau kegiatan yang kita ingin pengguna lain tahu. Misalnya ada party, atau launching produk kita bisa mengisi event dan pengguna lain bisa melihatnya. Di friendster lagi-lagi cuma bisa masuk di bulletin.
3. Status update, kita bisa mengisi status kita sedang apa saja. Misalnya lagi dirumah, trus pergi kuliah, semua itu bisa diupdate dan bisa dilihat oleh pengguna lain. Jadi kita bisa tau kegiatan sehari-hari teman kita.
4. Anti Fake account and Spam, Facebook memiliki fitur yang mantap mencegah account palsu dan spam.
5. bahkan lebih keren lagi kalo ada foto bareng2,facebook bisa mengetahui mana yang namanya si A,si B,dst dengan catatan si A,si B,dst sudah terdaftar di facebook.
6. pencarian teman yang lebih efisien dan cepat.
7. Banyak aplikasi yang menarik untuk diikuti,baik game, er dan Facebookhingga aplikasi-aplikasi lain yang menarik.


kekurangan facebook:

1. masih awam untuk orang indonesia dan bahkan terlihat eksklusive.

2. Kalo belum terbiasa akan sangat bingung dengan facebook,karena banyaknya aplikasi yang bisa dimainkan.

3. terkadang aplikasi yang terlalu banyak itu membuat kesal juga karena sering ada ajakan dari teman untuk mengikutinya.

sebenarnya masih banyak kelebihan dan kekurangan dari friendster maupun facebook. Namun ada baiknya untuk selalu mencoba hal baru agar kita juga bisa lebih dapet pengalaman. Dan bisa memilih mana yang paling pas untuk kita. semoga informasi ini bermanfaat.

sumber: pengalaman pribadi.he5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar