Rabu, 06 Januari 2010

Manajemen Strategis

Jasa pelayanan konsultasi/ fasilitasi ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas organisasi klien supaya 1) kelembagaan dan manajemen organisasi berkembang menjadi organisasi yang demokratis dan efektif; 2) mengembangkan sistem perencanaan, pelaksanaan, pengembangan dan monitoring program sesuai konteks, visi dan misinya; 3) meningkat kemampuan membaca/ menganalisis realitas sosial/ konteks, menganalisis potensi diri, merumuskan arah-arah strategis; dan 4) menyusun program kerja serta rencana operasional.

Kawanusa mengembangkan layanan konsultasi/ fasilitasi pengembangan organisasi model dua tahap. Tahap pertama adalah layanan tingkat umum pengembangan kapasitas organisasi strategis, tahap kedua adalah layanan tingkat lanjut pengembangan kapasitas organisasi strategis.


Layanan Tingkat Umum Pengembangan Kapasitas manajemen strategis Organisasi meliputi:

1. Survei penjajagan kebutuhan
2. Rencana Strategis dan Program
3. Pendetilan program dan penganggaran
4. Desain dan Struktur organisasi
5. Pengembangan manajemen dan keuangan
6. Ketenagaan

Layanan Tingkat Lanjut Pengembangan Kapasitas manajemen strategis Organisasi meliputi:

1. Monitoring dan evaluasi program dan lembaga
2. Keberlanjutan finansial dan pengembangan kelembagaan
3. Analisis Sosial dan riset aksi partisipatif

grafikpengemborg_400

1. Survei penjajagan kebutuhan:

Jenis layanan ini bertujuan untuk mengembangkan kerangka kerja strategis guna merespon masalah dan situasi yang dihadapi bersama dengan masyarakat yang mereka fasilitasi/ dampingi. Termasuk pengembangan instrumen dan analisis masalah, analisis jenis kebutuhan (strategis dan praktis) dan membangun konsensus bersama tentang arah yang diinginkan untuk perubahan sosial.

Sistem dan metodologi sama seperti proses fasilitasi yang didasarkan pada perspektif hubungan kelas, jender, individu dan diantara kelompok sosial untuk melihat dimensi hak asazi manusia dan hubungan antara masyarakat dengan lingkungan.

2. Perencanaan Strategis dan program:

Jenis layanan ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran rencana strategis yang sekaligus memperjelas mandat sosialnya. Proses ini mencakup beberapa kegiatan seperti:

* Identifikasi dan analisis harapan dari konstituen strategis dan stakeholders;
* Memformulasikan visi, misi dan nilai dasar;
* Analisis Eksternal (analisis peluang dan ancaman);
* Analisis Internal (kekuatan dan kelemahan);
* Memformulasikan isu strategis dan tujuan strategis.

3. Detil Program dan penganggaran:

Jenis layanan ini bertujuan untuk mendetilkan rencana induk berdasarkan rencana strategis dan peran strategis. Jenis layanan yang termasuk di dalamnya adalah:

* Pengembangan kerangka kerja logis program (matrik perencanaan program);
* Sistem alokasi sumberdaya dan anggaran biaya;
* Pengembangan sistem perencanaan, monitoring dan evaluasi dan pelaporan;
* Rencana kerja tahunan

4. Desain dan struktur organisasi:

jenis layanan ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem yang solid dan struktur organisasi yang demokratis sebagai bagian latihan menuju gerakan demokratis. Struktur organisasi akan responsif pada masalah hak asazi manusia, sensitif jender dan lingkungan. Jenis layanan yang diberikan meliputi:

* Pengembangan struktur organisasi, desain dan tata kepengurusan;
* Mekanisme kerja, fungsi dan peran sebagai konsekwensi rencana strategis;
* Proses pengambilan keputusan dan mekanismenya.

5. Pengembangan manajemen dan keuangan:

Pengembangan sistem akuntansi dan finansial diarahkan menuju keberlanjutan finansial seperti: dana cadangan staf, dana cadangan strategis lembaga.

Dana cadangan staf adalah sejenis skema sosial/ rencana pensiun, sedang dana cadangan strategis digunakan untuk menjaga keberlanjutan tercapainya tujuan strategis. Dana cadangan ini juga dimaksudkan untuk likuiditas kelembagaan. Jenis layanan yang diberikan meliputi:

* Kebijakan financial dan standard operasional prosedur;
* Kemampuan klien untuk merencanakan dan mengelola keberlanjutan finansial dengan mengembangkan dana cadangan staf dan dana cadangan strategis yang transparan dan akuntabel.

6. Pengembangan sistem ketenagaan

Jenis layanan ini kegiatan utamanya adalah mengembangkan kebijakan personalia, spesifikasi staf dengan melakukan klasifikasi kebutuhan kerja minimum, pembagian deskripsi kerja dan penilaian kinerja, dan pengembangan sistem penggajian dengan pendekatan keamanan sosial dan keuntungan. Jenis layanan yang diberikan meliputi:

* Kebijaksanaan tentang personalian dan pelaksanaannya;
* Kemampuan klien merencanakan pengembangan staf menurut kebutuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar