Sabtu, 16 Oktober 2010

Peran Sistem Informasi Dalam Pendidikan

Saat ini dalam pendidikan di Indonesia, komputer telah digunakan di sekolah-sekolah mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Selain digunakan sebagai alat bantu untuk pembelajaran interaktif, juga bersifat audio-visual untuk memudahkan proses pembelajaran itu sendiri.
Dengan komputer kemudahan dalam mencari dan menyediakan bahan-bahan pembelajaran juga bisa didapatkan, misalnya dengan adanya konsep perpustakaan elektronik (e-library) atau buku elektronik (e-book). Ditambah lagi dengan adanya internet dimungkinkan untuk mencari koleksi perpustakaan berupa buku-buku, modul, jurnal, makalah, majalah, surat kabar, dan lain sebagainya. Bahkan saat ini sudah bisa dilakukan pembelajaran jarak jauh melalui internet yang dikenal dengan electronic learning (e-learning). Beberapa negara telah menerapkan sekolah yang pembelajarannya melalui internet atau semacam universitas terbuka. Mahasiswanya dapat belajar lewat buku-buku atau modul yang disajikan secara menarik baik dalam bentuk teks atau audio-visual (multimedia) yang disajikan lewat internet. Bahkan dengan internet dimungkinkan untuk setiap mahasiswanya berkomunikasi dengan e-mail bahkan berinteraksi langsung dengan menggunakan teleconference
maupun videoconference.

Peran globalisasi di dunia pendidikan telah mempengaruhi pergeseran dalam dunia pendidikan dari tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka dan dua arah, beragam, multidispliner,serta terkai pada produktivitas kerja saat itu juga dan kompetitif, pada pendidikan masa yang akan datang.
Pengaruh dunia pendidikan di Indonesia di masa yang akan datang adalah:
1. Berkembanngnya pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh (Distance Learning).
2. Sharing resource bersama antar lembaga pendidikan atau latihan dalam sebuah jaringan.
3. Perpustakaan dan instrumen pendidikan lainnya (guru dan laboratorium) berubah fungsi menjadi sumber informasi daripada sekedar rak buku.
4. Penggunaan perangkat Sistem informasi interaktif, seperti CD-ROM Multimedia, dalam pendidikan secara bertahap menggantikan TV dan Video.
5. Arus informasi tetap mengalir setiap waktu tanpa batas dan tempat.
6. Kemudahhan mendapatkan resource yang lengkap.
7. Meningkatkan learning out comes baik kuantitas maupun kualitas.
Dengan adanya perkembangan sistem informasi dalam bidang pendidikan, maka pada saat ini sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar jarak jauh dengan menggunakan media internet untuk menghubungkan antara mahasiswa dengan dosennya, melihat nilai secara online, melihat jadwal kuliah dan sebagainya, semua itu sudah dapat dilakukan.
Kehadiran internet juga sangat bermanfaat bagi pengajar. Bagi pengajar, internet ini adalah sebagai alat komunikasi dan informasi yang berguna untuk menambah wawasan, pengembangan bahan pelajaran. Contohnya internet juga berfungsi mengrealkan gambar yang terkadang sulit diterima oleh siswa.
Suatu pendidikan jarak jauh berbasis web antara lain harus memiliki unsur sebagai berikut:
a. Pusat kegiatan siswa; sebagai suatu community web based distance learning harus mampu menjadikan sarana ini sebagai tempat kegiatan mahasiswa, dimana mahasiswa dapat menambah kemampuan, mencari informasi yang dibutuhkan.
b. Interaksi dalam group; para mahasiswa dapat berinteraksi satu sama llain untuk mendiskusikan materi-materi yang diberikan dosen. Dosen dapat hadir dalam group ini untuk memberikan ulasan tentang materi yang diberikannya.
c. Perpustakaan digital; pada bagian ini, terdapat informasi tentang kepustakaan, tidak terbatas pada buku tapi juga pada kepustakaan digital seperti suara, gambar, dan sebagainya. Bagian ini bersifat sebagai penunjang dan berbentuk database.
Jika di lihat dari kesiapan sarana pendukung misalnya hardware, maka sepertinya hal ini tidak perlu diragukan lagi. Hanya satu yang menjadi perhatian utama pengguna internet di Indonesia yaitu masalah bandwidth, karena dengan bandwidth yang terbatas ini mengurangi kenyamanan khususnya pada non text based material.
Termasuk penting bahwa internet juga sangat bermanfaat dan bisa menjadi pelajaran yang dapat menunjang pendidikan, memperluas komunikasi dan informasi, dan sebagai wadah untuk berbagi ilmu pengetahuan.

referensi: http://teknik-informatika.com

1 komentar: